.
Pedoman Teknis POPKESLA

KERANGKA ACUAN KEGIATAN “POPKESLA”

I. PENDAHULUAN Angka kunjungan pasien sakit di bulan Februari 2021 mencapai angka 1634 kunjungan dari total penduduk di wilayah binaan Puskesmas Laladon sebanyak 34.656 jiwa yang terdiri dari 2 desa/kelurahan binaan. Dimana satu orang pasien bisa datang lebih dari satu kali kunjungan dalam satu bulan. Dari data 10 besar penyakit yang dilaporkan oleh Surveilans, penyakit terbanyak yang dilaporkan adalah ISPA, Myalgia, dan Gastritis. Penyakit-penyakit ini dapat dicegah gaya hidup sehat dan bersih. Namun karena penyakit tersebut masih dilaporkan sebagai penyakit terbanyak diderita maka hal ini menggambarkan bahwa upaya promotif Puskesmas Laladon belum dapat membangun derajat kesehatan masyarakat di wilayah binaan Puskesmas Laladon. Upaya promotif puskesmas merupakan suatu kegiatan pelayanan kesehatan yang lebih mengutamakan kegiatan yang bersifat promosi kesehatan. Promosi kesehatan dapat dilakukan dengan berbagai macam kegiatan baik kegaiatan dalam Gedung, luar Gedung maupun dengan cara memanfaatkan kemajuan teknologi yang dapat diakses dimana saja dan kapan saja. Salahsatu kegiatan promosi yang memanfaatkan kemajuan teknologi teknologi adalah kegiatan siniar atau siaran web yang sedang viral belakangan ini. Siniar atau siaran web tanalir adalah serangkaian berkas media digital yang diterbitkan sewaktu-waktu dan sering diunduh melalui sindikasi web. Kata ‘podcast’ mengalahkan istilah ‘webcast’ dalam bahasa sehari-hari, karena meningkatnya kegemaran iPod dan umpan web. (Wikipedia) POPKESLA merupakan singkatan dari Podcast Puskesmas Laladon. POPKESLA dibuat dengan tujuan umum untuk menaikkan derajat kesehatan masyarakat khususnya masyarakat binaan Puskesmas Laladon. Dengan menggunakan platform sosial media seperti youtube dan instagram, semua warga diharapkan dapat menerima informasi kesehatan dengan akses yang mudah dan murah. Dengan mudahnya masyarakat dalam menerima informasi kesehatan diharapkan masyarakat secara mandiri dapat menerapkan gaya hidup sehat dan bersih dalam kehidupannya sehari-hari sehingga setelah diterapkan masyarakat secara terus menerus akan memperoleh kehidupan yang lebih sehat dan berkualitas dan secara langsung akan meningkat derajat kesehatannya sendiri.

II. TUJUAN UMUM A. Tujuan Umum : Meningkatkan derajat kesehatan khususnya masyarakat di wilayah binaan Puskesmas Laladon dan umumnya untuk masyarakat Indonesia. B. Tujuan Khusus : a) Melakukan kegiatan POPKESLA setiap satu bulan minimal satu kali. b) Membuat pelaporan dan pencatatan serta dokumentasi dan evaluasi. c) Melakukan kegiatan tindak lanjut.

III. KEGIATAN POKOK DAN RINCIAN KEGIATAN Pemegang Program Promosi Kesehatan menghubungi narasumber, membuat video promosi kesehatan dan menyiarkan POPKESLA di media sosial.

IV. CARA MELAKSANAKAN KEGIATAN Pemegang Program Promosi Kesehatan menghubungi narasumber, mengatur waktu penyiaran, menyiapkan bahan materi, melakukan wawancara dengan narasumber dan direkam, mengedit materi dan menyiarkan POPKESLA di media sosial.

V. SASARAN Jumlah penduduk di wilayah binaan Puskesmas Laladon sebanyak 34.656 jiwa.

VI. JADWAL TAHAPAN INOVASI DAN PELAKSANAAN KEGIATAN A. JADWAL TAHAPAN INOVASI NO. TAHAPAN WAKTU KEGIATAN KETERANGAN 1. Latar Belakang 2 Februari 2021 Penjaringan masalah di Puskesmas 2. Perumusan Ide 3 Februari 2021 Perumusan ide dari masukan semua pihak / koordinasi dengan Kepala Puskesmas 3. Perancangan 6-11 Februari 2021 Menyusun tim pengelola inovasi dan linsek, serta menyusun materi dan melakukan POPKESLA 4. Implementasi 14 Februari 2021 Menyiarkan POPKESLA ke media sosial. B. PELAKSANAAN KEGIATAN Media POPKESLA diunggah ke media sosial kurang lebih selama dua hari setelah dibuat dan diedit.

VII. EVALUASI PELAKSANAAN KEGIATAN Kegiatan ini dievaluasi oleh Pemegang Program Promosi Kesehatan lalu dilaporkan kepada Penanggungjawab UKM untuk selanjutnya dievaluasi oleh Kepala Puskesmas.

VIII. PENCATATAN, PELAPORAN, DAN EVALUASI KEGIATAN Pencatatan, pelaporan, dan evaluasi dilakukan setelah kegiatan oleeh pemegang program promosi kesehatan ke penanggungjawab UKM dan Kepala Puskesmas.

Mengetahui, KEPALA PUSKESMAS LALADON dr Ade Irawati Rahadjeng NIP 197012042002122001

Agenda Kegiatan