INOVASI
TANYA AKU PUSKESMAS CIOMAS
Kemudahan
akses informasi di Pelayanan Kesehatan merupakan harapan bagi semua masyarakat.
Akses informasi yang akurat dan tepat dapat meningkatkan kualitas pelayanan
yang diberikan oleh Petugas kepada masyarakat.
Fakta di lapangan menunjukkan layanan informasi di
Puskesmas Ciomas belum terorganisir dengan baik. Akibatnya masyarakat yang
membutuhkan informasi pelayanan kesehatan maupun yang menyatakan keluhan
layanan sering tidak dapat terlayani dengan baik. Hal ini mungkin disebabkan
masyarakat bertanya pada petugas yang tidak tepat maupun kondisi dan situasi
yang kurang tepat (jumlah kunjungan puskesmas sedang tinggi) sehingga tidak
terlayani dengan baik.
Menyikapi
pentingnya layanan informasi bagi masyarakat, Puskesmas Ciomas membuat suatu inovasi untuk melayani
masyarakat dengan sepenuh hati dengan nama TANYA AKU. Inovasi ini berkomitmen untuk
meningkatkan layanan informasi puskesmas dengan menempatkan petugas khusus yang
bertugas untuk memberikan pelayanan Informasi dan Handling Complain
(menangani keluhan).
Masyarakat yang membutuhkan informasi terkait
pelayanan kesehatan di Puskesmas Ciomas dapat bertanya dengan petugas TANYA AKU
baik secara langsung maupun via media social/telp. Petugas TANYA AKU juga
menyiapkan leaflet yang dibutuhkan terkait informais kesehatan tertentu. Dengan
adanya inovasi ini, masyarakat
dapat memperoleh informasi yang dibutuhkannya dengan cepat, efektif dan
efisien.